Kamis, 24 Oktober 2013

PELESTARIAN LINGKUNGAN (Tugas Soft Skill)


LANGKAH KECIL UNTUK PELESTARIAN LINGKUNGAN


Kesadaran kita untuk menjaga lingkungan sangatlah diperlukan mengingat semakin berkembangannya berbagai pencemaran lingkungan. Padahal menjaga lingkungan tidak hanya menanam beribu-ribu pohon, mengurangi pemakaian bahan bakar dan sebagainya. Mungkin semua itu adalah hal yang sangat besar untuk dilakukan dan memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga mengurungkan niat kita untuk menjaga lingkungan.
Kita sering mendengar pepatah “Mulailah sesuatu dari yang terkecil sehingga menghasilkan hal yang besar”. Pepatah tersebut dapat membantu kita menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan hal yang terkecil dan sederhana sekalipun. Jika seluruh manusia di dunia ini melakukan hal tersebut, maka akan menghasilkan perubahan lingkungan yang sangat besar. Bagaimana caranya kita melestarikan lingkungan mulai dari hal yang terkecil atau sederhana? Check This Out!

1.    RECYCLE
Daur ulang, sesuatu yang paling sederhana untuk menghasilkan perubahn yang besar. Jika kita tidak mendaur ulang suatu barang maka barang tersebut akan terpendam di tanah dan akan terurai berpuluh-puluh tahun kemudian. Misalnya kantong plastik saja membutuhkan waktu sekitar 50 tahun lebih untuk bisa terurai dengan sempurna. Kantong plastik dapat di daur ulang menjadi mainan, hiasan, tas dan lain-lain. Kertas pun dapat di daur ulang menjadi kardus, box dan kertas lagi. Mendaur ulang kertas dapat meningkatkan oksigen karang berkurangnya phon-pohon untuk ditebang. Selain plastic dan kertas, sampah dedaunan, alumunium, besi dan lain-lain dapat di daur ulang juga menjadi kebutuhan rumah tangga.



2.    HEMAT ENERGI
Menghemat energi merupakan langkah kecil untuk melestarikan lingkungan. Misalnya tidak membuang-buang air ketika mandi, mencuci atau memasak. Tahukah kamu jika kita memiliki keran bocor yang bocor satu tetes per detik, yang nilainya sama dengan 650 galon air terbuang per tahun! Padahal air sangat susah didapatkan oleh sebagian orang. Selain air kita harus menggunakan listrik seperlunya, misalnya menggunakan lampu. Matikanlah lampu ketika siang hari dan manfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan di rumah. Lalu menggunakan Air Conditioner atau AC dengan bijak. Gunakan AC dengan suhu diatas 25 untuk meminimalisir penggunaan CFC yang berlebihan. Selain menghemat energi kita juga menghemat tagihan listrik kita. Bermanfaat bukan?




3.    GUNAKAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN
Pada saat membeli peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, kotak makan dan sebagainya pastikan semua peralatan tersebut menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Peralatan tersebut tidak boleh mengandung unsur-unsur berbahaya seperti racun, melamin  dan lain-lain. Karena, selain berbahaya untuk lingkungan, produk-produk tersebut juga berbahaya untuk tubuh kita.




4.    KURANGI PEMAKAIAN KENDARAAN PRIBADI
Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi menjadi langkah berikutnya. Mulailah dari sekarang untuk membiasakan menggunakan transportasi umum yang ada. Karena semakin banyak kendaraan, semakin banyak polusi yang dihasilkan. Menggunakan transportasi juga membantu menghemat BBM yang semakin lama semakin sedikit jumlahnya, serta menghemat pengeluaran pemerintah untuk memsubsidi BBM. Selain menggunakan transportasi umum kita juga bisa menggunakan sepeda untuk berpergian jarak dekat, misalnya ke sekolah, kantor, tempat les dan lain-lain.




5.    SALING MENGINGATKAN PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN
Setelah kita berhasil melakukan langkah-langkah tersebut ada baiknya kita mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan ke semua orang. Ajak semua orang untuk mencintai lingkungannya sendiri, mulai dari keluarga, saudara, teman, sahabat dan pacar pun harus kita ajak untuk peduli terhadap lingkungan. Kita bisa mengajak mereka melalui mulut ke mulut, penyuluhan, bahkan melalui media social seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media social lainnya.




Alam adalah anugerah yang paling besar yang diberikan oleh Tuhan YME. Hutan  memberikan kita udara segar, sungai memberikan kita air yang bersih, dan semua yang ada di dalamnya memberikan berjuta manfaat untuk manusia. Oleh karena itu kita harus menjaga dan merawat semua yang ada di alam ini. Lakukan perbuatan kecil untuk perubahan yang besar. Kelak apa yang kita lakukan sekarang akan menjadi warisan untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang.


GO GREEN FOR A BETTER FUTURE!



1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - http://www.gunadarma.ac.id
    - http:/studentsite.gunadarma.ac.id
    - http://www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus